Kuliah di Qatar? Nih! [Bagian Pertama]

Friday 13 January 2017



Bismillahirrahmanirrahim.

Hello! It's been a while. his topic has been one of the most intensely asked, both by my fellow students and also worried parents.

Pertama-tama, I'll show you a glimpse of what is here! Qatar, negara teluk yang sempat menduduki posisi negara terkaya di dunia, ternyata memiliki perhatian yang kuat terhadap dunia pendidikan, loh. Disini, mereka membangun Education City, sebuah kompleks berfasilitas lengkap yang didedikasikan untuk pendidikan kelas dunia - mulai dari TK, SD, SMP-SMA, hingga perguruan tinggi. Di Education City, Qatar telah mendatangkan universitas-universitas ternama dari US, menghasut (baca: membiayai) mereka untuk membuka kampus disini. Berikut list-nya:

1. Carnegie Mellon University in Qatar
The CMUQ Building
CMU dikenal luas karena keunggulannya dalam bidang Computer Science (CS).  Secara keseluruhan menurut Times Higher Education, CMU saat ini menduduki ranking #22 di dunia. Dalam penilaian QS, CMU bertengger di antara 5 universitas terbaik dunia dalam CS, CMU CS dinilai lebih bagus daripada program CS di Harvard (US), Oxford (UK), Cambridge (UK), Prineton (UK), ETH Zurich (Swiss), NTU (SG), NUS (SG), dan universitas-universitas terkenal lainnya. To be fair, it is also one of the most expensive programs in the world. Meski mahal, lulusan fresh dari CMU rata-rata digaji $71k per tahun, dengan pendapatan rata-rata $126k per tahun.

Di Qatar, CMU menawarkan hanya lima program studi: Computer Science, Information Systems, Biological Science, Computational Biology, dan Business Administration. Seperti universitas asing lain di Qatar, CMU tidak membedakan tanda lulus berdasarkan kampus. Mahasiswa di US dituntut dengan standar yang sama dengan mahasiswa di Qatar.

Info lebih lanjut? Coba buka https://qatar.cmu.edu/

2. Texas A&M University in Qatar
https://pete.qatar.tamu.edu/aboutus/PublishingImages/TAMUQ.jpg This one excels in engineering. Di Qatar, mereka menawarkan Electrical Engineering, Chemical Engineering, Petroleum Engineering, dan tentunya teknik mesin - Mechanical Engineering. Dengan statusnya sebagai PTN, cost kuliah di TAMU(Q) relatif lebih murah dibanding swasta. TAMUQ juga menawarkan program S2 di ChemEng.
Klik https://qatar.tamu.edu/

3. Georgetown University in Qatar
GUQ bersinar dibidang sosial. Di Qatar, mereka memboyong satu fakultas - School of Foreign Services. Major yang ditawarkan antara lain International Economics, Culture & Politics, International History, dan sebagainya. Maap gue nggak hafal hehe. Detail penting: universitas ini banyak mahasiswinya.

Buka aja https://qatar.sfs.georgetown.edu/

 4. Weill Cornell Medical College in Qatar
Gedung WCMC-Q
 Sesuai namanya, Cornell disini fokus menawarkan kedokteran. Seperti CMU, Cornell juga universitas swasta -- artinya tuitionnya mahal. Hehe. Meski begitu, lulusan Cornell banyak diburu. Kebanyakan melanjutkan spesialisnya di Amerika.

Infonya, klik https://qatar-weill.cornell.edu/

5. Virginia Commonwealth University in Qatar
Yang satu ini fokusnya ke bidang seni. Mulai dari seni murni, interior design, fashion design, dan sejenisnya. Sejujurnya gue nggak tahu banyak. Mungkin mas dan mbaknya bisa googling sendiri :)

Atau cek http://www.qatar.vcu.edu/  

6. Hamad Bin Khalifa University
Inisiatif dari pemerintah Qatar untuk membuat universitas mereka sendiri di Education City. Murah, jauh lebih murah dari universitas yang lain. Jurusan yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari Software Engineering sampai Renewable Energy. Mereka belajarnya loncat-loncat dari universitas-universitas. Baru ada satu angkatan, jadi reputasinya belum kuat. Yang jelas kuat, support dari pemerintah. Insya Allah dimudahkan.

Buat yang postgrad, ada University College London dan Qatar Faculty of Islamic Studies. Gue nggak tahu banyak soal yang pertama selain bahwa ada yang belajar soal museum disana. Soal yang kedua, seperti yang ditunjukkan namanya, fokus di bidang studi Islam. Mulai dari Islamic Civilization, Islamic Finance, Contemporary Fiqh, hingga Qur'anic Studies. Beberapa program studinya butuh skill bahasa arab yang mumpuni. Now, there are even more treats. Kalau lo ngambil S2 disini, kemungkinan besar lo bakal dapet full coverage dari pemerintah Qatar. Mulai dari biaya apartemen yang - semoga Allah mudahkan - ampun, tuition fees, plus dikasih uang 2100 QAR per bulan untuk bertahan hidup. QFIS ini juga tempat Muhammad Assad, penulis serial Notes from Qatar menjalani masternya.
The majestic QFIS Building & Masjid.

Financial Aid Untuk S1
 
Tentunya, peluang beasiswa terbuka bukan hanya untuk mahasiswa/i tua di QFIS. Di level undergraduate juga ada peluang beasiswa yang cukup lebar dari Hamad Bin Khalifa University. Istilahnya, HBKU Financial Aid. Ini mungkin jadi alasan yang kuat kenapa kuliah disini strategis banget.

FA dari HBKU ditawarkan pada semua calon mahasiswa (sudah diterima di universitas) yang dinaungi oleh Qatar Foundation, badan yang menaungi seluruh Education City. FA mampu menyanggupi biaya kuliah hingga 100% untuk warga lokal, dan karena lo sepertinya bukan warga lokal, maka sama seperti gue, kita dapet maksimal 90%. Beasiswa yang ini bersyarat, disertai dengan opsi bayar balik dengan kontrak kerja selama maksimal enam tahun di Qatar. Biaya asrama, hidup sehari-hari, itu harus ditanggung sendiri selama kuliah. Meski begitu, dibanding dengan kuliah di universitas asal di US, ini opsi yang jauh lebih menarik. Bahkan, beberapa mahasiswa di US memilih transfer ke Qatar dan mengorbankan SKS demi mendapatkan Financial Aid ini.

EDIT: As of July 2017, the 90% limit for international students don't apply anymore! I cannot find it on their new website. Dan alhamdulillah, tahun ini aku dapat lebih dari 90%, yang jadi bukti tersendiri.

Selamat memutar otak! Salam dari aku yang juga sedang memutar otak. Alah, man shabara zhafira. Lagian kalau niatnya baik, Allah pasti ngasih jalan kok.

Sekian untuk bagian pertama. Bagian kedua insya Allah akan diisi soal syarat-syarat masuk dan tata cara daftar ke universitas diatas, khususnya almamater gue sendiri. Ada pertanyaan? Let me know in the comments below. Stay tuned!

18 comments:

crispycrunchycreamychips said...

Keren yar.. Lanjutkan

Akhyar Kamili said...

Makasih san! Semangat kuliahnya yak!

alfinsyahsuhendra said...

mantap yar

Rumahku Surgaku said...

Jadi gimana cara Akhyar masuk ke carnegie?

Rumahku Surgaku said...

Akhyar biaya pribadi atau beasiswa?

Akhyar Kamili said...

Nah itu buat part 2 haha. Saya 90% beasiswa.

Unknown said...

Lanjuuut part 2 doong murid saya berminat nich sama beasiswa S1 Ini, 90℅ juga gpp 😃

Asyrozi mike said...

Yang hamad bin khalifa kapan bukanya akh

Homo Islamicus said...

Beasiswa QFIS udah ngk ada lagi ya mas? Web resminya sudah tidak ada.

widjaya angga said...

untuk program pascasarjana tidak ada beasiswanya?

Akhyar Kamili said...

Program pascasarjana yang syariah ada beasiswanya, sebelumnya di QFIS. Sekarang, QFIS ada dibawah payung HBKU, jadi mungin cek infonya di website HBKU.

Rumahku Surgaku said...

Iya Akhyar gimana cara Akhyar masuknya, terus gimana 90% beasiswa na...Ammah ayi tunggu ceritanya insyaAllah yaa

Najwa Munjiyat said...

Assalamualaikum, mohon informasi akh, kalau untuk s3 pendidikan bahasa arab dimana ya? Apakah ada syarat s2 harus alumni sana? Syukrn

Unknown said...

Kasih tips dong bang biar biasa masuk ke HBKU hehehehr

DAFIJUMZ said...

Klo untuk pendaftaran beasiswa di HBKU Sekarang kira-kira masih terbuka tidak us akh?

Akhyar Kamili said...

Masih seharusnya @Afifah Fauziah

Unknown said...

hallo maaf ka mau tanya cara daftarnya gimna,dan persyaratan untuk dftarnya seperti apa mohon bntuannyq

azzahra E said...

part 2 nya di tunggu 😊

Post a Comment

None

 

Hits

Stack Overflow

Blogroll

Blog Nanda
Days of Nan - http://nan2598.blogspot.com/

Writings of Niti
Niti No Kakikomi - http://samazamanakakikomi.blogspot