Masalah Autotweet: Kenapa dan Bagaimana?

Sunday, 23 February 2014

Oke. Lately, sering banget ada yang kena autotweet. Itu loh, ngetwit spam terus-terusan non-stop. Selain tweet, sering juga ada retweet. Masalahnya sih simpel, cuma banyak banget yang awam soal ini.

Contoh:



Nah, ada link kan di tweet itu? Mungkin kamu udah tau, kalau di klik, kamu bakal kena autotweet. Sebenernya enggak gitu juga sih, pasti kita ketemu halaman ini dulu:



Nah, 70% yang baca pasti tau apa masalahnya. Ini kita ketemu aplikasi, yang minta izin untuk ngetweet pake nama kita, ngebaca tweet dari timeline kita, merubah profil kita, mengakses DM. Ya elah, udah jelas pasti penipu yang minta sebanyak gini demi sebuah "berita" panas.

Well, yang paling lucu, banyak yang kena. Which means.. Banyaknya orang yang tertarik untuk membaca artikel Iqbal CJR punya anak itu masif. HAHAHA.

Daan, dan kalau sang korban nggak tau cara menghentikan kegilaan ini, itu sama dengan dia teriak-teriak mengumbar kekhilafannya.. Hebat bener nih spammer, sambil berenang makan mie goreng.

Jadi..  cara ngestopnya?

Memberhentikan autotweet itu sebenernya nggak susah kok. Twitter tuh tau banyak usernya yang prone to error - rawan khilaf. Jadi selain bisa memberi izin, kita juga bisa mencabut izin. Tinggal klik Settings > Applications > Klik Revoke Access di aplikasi yang kamu kasih izin. Kalau nggak inget (dan gua yakin 99% kamu nggak inget), Revoke Access aja semua aplikasi yang mencurigakan, atau kalau gak bisa bedain, revoke aja semuanya.

**Update**

Baru sadar. Ada modus baru. Dia bukan pake aplikasi sendiri yg abal-abal, tapi pake account manager yang bisa dipake buat monitor ribuan akun. Tweetdeck, Hootsuite (gambar diatas) termasuk. Kemungkinan, ini sekarang modus paling umum. Revoke aja semua aplikasi macam gini. Kalau ada yang masih dipake, tinggal di kasih izin ulang.

Gimana?

P.S.: This is my first attempt to write something in like, months. Sorry if my writing style is a bit messed up!






 

Welcome!


Welcome to my blog! Enjoy my writings, read my stories, or listen to my opinion.. Feel free to roam around!



Hits

Stack Overflow

Google+ Followers

Blogroll

Blog adik seorang teman. Masih SMP tapi keren abis:

http://shofiifi.blogspot.com/?m=1

Blog Nanda, prepare for some cool contents
Days of Nan - http://nan2598.blogspot.com/

Writings of Niti, deep things are here.
Niti No Kakikomi - http://samazamanakakikomi.blogspot.com/

Words that is just so enjoyable to read - Atikah's
http://chocolatika.wordpress.com