Monday 10 June 2019

Mimpi & Misi (2019)

Aku sering mengingat perkataan Rasulullah SAW, dihasankan oleh Al-Albani, bahwa sebaik-baiknya manusia itu adalah yang terbaik bagi orang lain. Rasulullah SAW juga bilang bahwa kalau kita membantu keperluan saudara kita, maka Allah pun akan membantu kita. Karena itu, aku ingin menjadi orang yang bisa membantu orang banyak.

Saat ini, dunia tidak sedang baik-baik saja. Umat manusia begitu rusak dan merusak. Yang lemah ditindas, yang kuat menjajah. Yang miskin tertinggal, yang kaya memalingkan muka. Kita jauh dari Allah, dan Allah juga jauh dari kita. Aku, sebagai seorang Muslim, ingin menjadi bagian dari perubahan. Merubah dunia ini menjadi lebih baik. Lewat keahlianku, lewat dakwah, atau bahkan lewat jalan-jalan lain yang mungkin belum Allah tunjukkan.

Aku ingin menggunakan ilmu yang kumiliki untuk meraih tujuan ini. Keahlianku di bidang ilmu komputer, salah satu cabang ilmu yang paling vital di abad ini. Ilmu komputer itu bukan sekedar tentang komputer, tapi tentang merancang sistem-sistem yang bisa bekerja secara otomatis. Mulai dari produksi pangan, tata negara, konstruksi, transportasi, sampai manufaktur sekarang harus melibatkan ilmu ini. Karena itu, sangat vital bagi orang-orang Islam untuk menguasai dan memahami ilmu ini. Sayangnya, sampai hari ini, kita masih tertinggal jauh, dan hanya bisa menjadi konsumen saja.

Dengan ilmu komputer, aku ingin membuat sistem-sistem yang revolusioner dan membantu banyak orang. Khususnya, aku ingin berkontribusi di bidang edukasi, dan ekonomi. Edukasi di Indonesia sekarang sangat tidak merata, kualitasnya pun rendah. Secara umum, hanya mereka yang kaya bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Ekonomi pun sama, banyak ketidakadilan yang terjadi, disebabkan oleh keserakahan, kebodohan, dan sistem yang ribawi.

Diantara hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan ekonomi di Indonesia adalah memperkuat kerjasama ekonomi antara umat Muslim di seluruh dunia. Harapanku, khususnya, suatu hari Qatar dapat memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan Indonesia. Melihat betapa mudahnya komunitas Indonesia terintegrasi di Qatar, aku cukup yakin bahwa ada banyak sektor yang bisa dikembangkan bersama oleh kedua negara.

Salah satu sektor yang bisa menguntungkan kedua negara adalah sektor perbankan syariah. Qatar merupakan salah satu pusat pengembangan terdepan dari teknologi dan sistem perbankan syariah. Bahkan kabarnya, sekelas Qatar Development Bank pun sedang menjajaki perubahan untuk menjadi lebih taat kepada aturan syariah. Di sisi lain, Indonesia, dengan 85% populasi Muslim dan ekonomi yang berkembang, merupakan negara dengan potensi perbankan syariah yang sangat besar.

Contoh lain adalah sektor informatika dan perusahaan berbasis teknologi. Qatar, melalui QSTP, banyak membiayai perusahaan rintisan (startup). Masalahnya, potensi pasar di Qatar tidaklah besar. Indonesia, yang masyarakatnya semakin mengenal terhadap teknologi, bisa jadi opsi pasar yang menarik bagi Qatar untuk ditanamkan investasi.

Dibidang edukasi, teknologi sedang berkembang pesat untuk merubah sistem yang selalu stagnan sejak zaman Revolusi Industri. Desain sekolah, sistem pembelajaran, kurikulum, banyak yang bisa dibenahi dengan bantuan teknologi. Aku percaya bahwa teknologi bisa membantu pendidikan menjadi lebih personal dan mendalam, sehingga setiap orang bisa dimaksimalkan potensinya. Teknologi juga bisa membantu membuat edukasi lebih mudah diakses, sehingga pembelajaran tidak terhenti di usia 17 saja. Sudah sepantasnya siapapun, kapanpun, dimanapun, bisa mendapatkan akses ke pendidikan yang berkualitas.

Tentunya, sebagai seorang Muslim, aku juga ingin Islam agar dipahami lebih banyak orang lagi. Masih butuh banyak usaha untuk mengenalkan Islam yang kaffah, menyeluruh, kepada masyarakat dunia. Kukira, dalam tahapan hidup manapun kita berada, kita perlu selalu menjadi seorang pendakwah - orang yang mengajak orang lain menuju kebaikan dan kebenaran. Baik posisi kita sebagai seorang pelajar, mahasiswa, pekerja, jomblo atau sudah bercucu, identitas sebagai pendakwah adalah identitas yang harus selalu kita pegang erat-erat.

Mimpi-mimpi ini jelas tidak mudah untuk dicapai. Tapi, layaknya setiap mimpi, ia bisa segera dijalani. Untuk berkontribusi dalam bidang edukasi, akan kumulai dengan belajar dan mengajarkan ilmu yang kupunya. Dalam musim panas kali ini, aku berharap aku bisa mengajar beberapa orang, termasuk adikku sendiri, untuk mengejar tes internasional SAT, agar mereka bisa kuliah ke Amerika atau ke Qatar. Jika memungkinkan, aku ingin mengajarkan bahasa Inggris dan keahlian-keahlian yang sifatnya akademik (membaca, menulis, presentasi) selagi aku masih di Indonesia.

Untuk berkontribusi dalam bidang ekonomi, akan kumulai dari belajar lebih banyak lagi, bekerja, dan membangun jaringan di Qatar dan Indonesia. Kuharap, dengan ibuku adalah seorang ahli ekonomi syariah, dan ayahku adalah ahli sistem perbankan syariah, aku bisa menemukan tempat untuk berkontribusi membangun ekonomi negeri ini.

Dalam bidang dakwah, kuharap aku bisa mewariskan sebuah organisasi dakwah yang melingkupi seluruh Education City. Semester depan adalah semester terakhirku sebagai presiden Muslim Student Association di kampus, dan setelah dua tahun memimpin, kuharap aku bisa meninggalkan jejak yang signifikan, membuka jalan untuk generasi mahsiswa selanjutnya agar mereka bisa menjalani Islamnya dengan lebih baik, agar mereka bisa berdakwah dengan lebih mudah dan lebih kuat lagi.

Banyak tantangan dalam menjalani mimpi-mimpi ini. Menuju dunia yang lebih baik tentunya bukan hal yang bisa terjadi dalam waktu satu-dua tahun saja. Tapi sebagai seorang Muslim, aku percaya bahwa yang membawa perubahan bukanlah tindakan kita, tapi Allah. Maka jika jalan dakwah ini telah mengajarkanku satu hal, ia adalah kesabaran dan kerendahan hati. Aku hanya bisa berusaha sebaik mungkin, dan hasilnya, kuserahkan pada Allah.

Terakhir, tentunya tidak ada satupun dari mimpi-mimpi ini yang bisa terwujud tanpa perbaikan diri. Kalau pembaca ada waktu, tolong doakan. Kalau ada ide, kritik, atau saran, tolong sampaikan. Jazakumullahu khayran.

Semoga bermanfaat.

3 comments:

Bedish said...

Wow wonderful dreams!!!

Adalah harapan besar bagi umat ketika Rasulullah mengatakan konstantinopel akan ditaklukan. Yang akhirnya menumbuhkan inspirasi besar sehingga benteng yg konon dianggap tak dapat ditembus bisa diterobos dan memberi kenyataan pada mimpi mimpi dan keinginan umat saat itu. Aku yakin semua yg membaca pun terinspirasi dgn mimpi2 mu ini, Yar. Merubah dunia dgn islam adl harapan terbaik. Trus prluas persahabatan, jgn bosan mnginspirasi org2 and GOOD LUCK,!
وفقكم الله

Agus Iskandar D said...

Masya Allah, semoga terus diberi keistiqamahan, Khi.

Juwita Qadarsi Said Karrai said...

Aamiin Ya Rabballamin..May Allah SWT make your pure dream come true bro Akhyar . Together we make this world better for all human and be great servan of Allah SWT. Aamiin

Salam kenal , I'm Juwita Qadarsi in MEC group

Post a Comment

None